Friday, September 4, 2009

MENGGAPAI KEBERKAHAN MALAM LAILATUL QADR


Bismillahir Rahmanir Rahim.
 
    Barokah begitu penting bagi kehidupan, maka banyak orang yang memburunya dengan berbagai cara. Ada yang sesuai dengan tuntunan syari’ah, dan banyak pula yang menyimpang dari tatanan aqidah. Barokah adalah ruh kehidupan, hidup tanpa barokah terasa gersang, terasa ada yang kurang, tak bisa menikmati keuntungan jerih payahnya, jauh dari ketenangan, kedamaian dan kebahagiaan.
    Ramadhan adalah bulan yang penuh keberkahan. Karena itulah umat muslim diwajibkan untuk menjalankan ibadah puasa selama sebulan penuh. Bulan suci ini adalah bulan yang paling ditunggu-tunggu. Oleh sebab itulah Ramadhan termasyhur dengan sebutan bulan seribu bulan, sebab dalam bulan ini terdapat berbagai keistemawaan dan keutamaan, sebagaimana diriwayatkan oleh Abu Hurairah RA, bahwa Nabi Muhammad SAW pernah bersabda : “Barang siapa dengan tegak melakukan ibadah pada malam bulan Ramadhan, dengan keyakinan dan keikhlasan pasti akan diampuni dosanya yang terdahulu” (HR. Bukhari)
    Keberkahan yang ada pada bulan Ramadhan adalah bagi siapa yang diberi taufik oleh Allah SWT. Maka dari itulah, tidak diragukan lagi, hal itu karena ada puasa padanya, pengampunan dosa, penambahan rezeki, manfaat kesehatan, pendidikan dan pahala yang besar dari Allah SWT dan semuanya itu berkaitan dengan waktu yang diberkahi.
    Malam Lailatul Qadr yang hanya ada dibulan Ramadhan merupakan malam kemuliaan yang teristimewa. Tidak ada suatu malam yang mendapatkan kehormatan begitu tingginya selain Lailatul Qadr. Di dalam Al-Qur’an terdapat surat yanhg secara khusus membahas tentang malam itu.
    Malam  Lailatul Qadr merupakan malam kemulian yang hanya terjadi pada malam di bulan Ramadhan, dan disebut malam Lailatul Qadr karena pada malam tersebut ditentukan segala urusan dan peraturan mulai tahun ini sampai tahun berikutnya. Kemudian segala daftar rahmat dan adzab diserahterimakan kepada malaikat Jibril, buku berisi catatan tanaman dan rezeki diserahkan kepada malaikat Mikail, catatan hujan dan angina diserahkan kepada malaikat Israfil, sedangkan pencabutan nyawa dan ajal diserahkan kepada Izrail. Seperti dijelaskan dalam firman-Nya dalam surat Ad-Dhuha:4 ; “Pada malam itu, diatur setiap urusan yang mempunyai hikmah”
    Adapun keutamaan yang ada pada malam Lailatul Qadr ini menempatkannya pada kedudukan yang sangat agung, sebagaimana fiman Allah SWT; “Sesungguhnya, kami telah menurunkannya (Al-Qur’an) pada malam Qadr (Kemuliaan). Tahukan kamu, apakah malam Qadr itu? Malam Qadr itu lebih baik daripada seribu bulan. Pada malam itu, turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Allah untuk mengatur segala urusan Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar”;(Qs. Al-Qadr:1-5)
    Sungguh, keistimewaan terbesar telah diberikan oleh Allah SWT kepada umat Khanjeng Nabi Muhammad SAW di dalam bulan Ramadhan. Adapun yang dimaksud dengan malam kemuliaan yang nilainya lebih baik daripada seribu bulan.
    Karena demikian besarnya berkah pada malam itu, Rasulullah SAW menganjurkan umatnya agar mencari malam qadr itu. “Carilah malam Qadr pada malam ganjil disepuluh terakhir bulan Ramadhan .” Demikianlah sabda Nabi SAW sebagaimana yang terdapat dalam shahih Bukhari dengan Fathul Bari, IV:226.
    Karena itu, tiap orang harus berlomba-lomba mendapatkan keberkahan pada malam tersebut. Mereka harus memperbanyak amalannya dengan mendirikan shalat malam terutama shalat witir. Shalat witir merupakan jalan untukmendapatkan malam Qadr.hal ini sebagaimana yang telah diperintahkan Rasulullah dan telah diriwayatkan oleh Sufyan; “Dan carilah malam Lailatul Qadr melalui ibadah shalat witir.” Juga diriwayatkandari Aisyah, Nabi Saw telah bersabda; “Carilah malam LailatulQadr pada sepuluh malam terakhir di bulan Ramadhan melalui ibadah Shalat Witir.”
    Mengenai waktu terjadinya Lailatul Qadr, para ulama beragam pendapat. Ibnu Hajar menyebutkan lebih dari 40 pendapat. Namun, bila kita membaca hadit-hadits Nabi SAW, dapat kita simpulkan sebagai berikut.
•    Lailatil Qadr terjadi setiap tahun dibulan suci Ramadhan, terutama pada malam-malam sepuluh hari terakhir. Ketika 10 hari di penghujung Ramadhan Rasulullah SAW melakukan I’tikaf. “Apabila memasuki sepuluh hari terakhir di bulan Ramadhan, Rasulullah saja menghidupkan malam-malamnya dengan beribadah. Beliau membangunkan istrinya dengan bersungguh-sungguh dan serius beribadah.’ (HR. Bukhari dan Muslim)
•    Lebih utamanya pada malam-malam ganjil, yaitu 21, 23, 25, 27 dan 29. rasulullah SAW bersanda “Carilah Lailatul Qadr pada malam ganjil disepuluh hari terakhir di bulan Ramadhan” (HR. Bukhari dan Muslim)
•    Ladi spesifik lagi adalah pada tanggal 27 Ramadhan menurut pendapat mayoritas ulama dan tang 21 menurut Imam Syfi’i.
•    Ibnu Abbas pernah meminta sahabat yang lebih tua, lemah dan tidak mampu berdiri berlama-lama untuk bertanya kepada Rasul, kapankah ia bisa mendapatkan lailatul Qadr? Rasulullah SAW menasehatinya agar ia mencarinya pada malam ke 27. (HR Thabarni dan Baihaqi)
•    Malam Jum’at yang jatuh apa tanggal ganjiljuga perlu diperhatikan, karena hari jum;at adalah Sayyidul Ayyaam (penghulu hari-hari) dan Yaumul’Ied (Hari Raya) pekan.
•    Yang palin baik kita lakukan pada Lailatul Qadr adalah beribadah dan ber-taqarrub kepada Allah. Diantara yang dianjurkan adalah:
   1.    I’tikaf, yaitu berada di masjid. Karena, Rasulullah SAW melakukan I’tikaf dan menjadikannya budaya  yang tidak pernah beliau tinggalkan.
  2.    Qiyamul Lail (Shalat Malam). Rasulullah SAW bersabda; “Barang siapa yang menghidupkan malam Lailatul Qadr dengan Qiyamul lail karena iman dan mengharapkan pahala dari Allah.
  3.    Berdoa dan berdzikir. Aisyah ra berkata, “Wahai Rasulullah, bagaimana menurutmu apabila aku mengetahui Lailatul Qadr? Beliau bersabda; “Ucapkanlah, Allahumma innaka ‘afuwwun tuhibbul ‘afwa fa’fu’anna (Ya Allah, sesungguhnya Engkau adalah pemaaf dan menyukai maaf, maka maafkanlah aku)” (HR Turmudzi)
•    Lailatul Qadr dapt kita temui dari tanda-tandanya. Ahli hadits seperti Muslim, Ahmad, Abu Daud dan Turmudzi meriwayatkan bahwa Rasulullah SAW pernah bersabda; “Saat terjadi Lailatul Qadr, malam terasa jernih, terang dan tenang. Cuaca sejuk. Tidak terasa panas. Tidak terasa dingin. Dan pada pagi harinya matahari terbit dengan terang benderang tanpa tertutup satu awan”


Malam Lailatul Qadr dianggap Istimewa karena didalamnya terdapat berbagai keutamaan yang tidak bisa ditemukan pada malam-malam yang lain. Di antara keisrimewaannya adalah:
1.    Malam itu sangat mulia dan memiliki nilai sangat agung
2.    Ketaatan yang dikerjakan dimalam itu memiliki nilai dan pahala yang sangat tinggi.
3.    Orang-orang yang biasa-biasa saja akan menjadi mulia dan bernilai jika dia menghidupkan malam Al-Qadr dengan berbagai Ibadah.
4.    Di malam itu Allah menurunkan Al-Qur’an kepada Rasulullah.
5.    Di malam itu turun para malaikat yang berkedudukan tinggi.
6.    Di malam itu Allah menurunkan kebaikan, rahmat dan ampunan yang tiada tara.
7.    Di malam itu bumi menjadi sempit karena kehadiran para malaikat yang tak terhitung jumlahnya.
8.    Di malam itu Allah menentukan apa yang Dia kehendaki, seperti rezeki, umur, kematian dan sebagainya.
Bagi seseorang yang telah menemukan malam Lailatul Qadr berarti mereka telah mendaptkan keberkahan dalam hidupnya. Dari keberkahan itu mereka akan menjadi orang yang lebih mulia di antara sesamanya.


Semoga kita termasuk dalam orang-orang yang mendapatkan Lailatul Qadr.

3 comments:

Miawruu on September 4, 2009 at 10:17 PM said...

yok... kejar Lailatul Qadar tahun ini!!!

Tapi alangkah baiknya jika kita tidak hanya beribadah di malam 10 hari terakhir ramadhan saja. Kapan lagi bisa beribadah dengan ganjaran beratus kali lipat yg datang hanya sekali setahun saja

NURA on September 14, 2009 at 12:23 AM said...

salam sobat
ada AWARD sederhana untuk sobat,,,
mohon diterima ya,,di blog NURANURANIKU
sahabat di ALJUBAIL.S.A,trims.

Ipin on September 14, 2009 at 3:38 AM said...

berkunjung dulu inh di saat sahur....

Post a Comment

 

BERHARAP MENEMUKAN CAHAYA TERANG Blak Magik is Designed by productive dreams for smashing magazine Bloggerized by Ipiet Blogger Templates © 2008